Download, Unduh Rpp Kurikulum 2013 Sd, Mi Kelas 4 Semester 1 Dan 2 Revisi Terbaru 2018

Download, Unduh RPP Kurikulum 2013 SD, MI Kelas 4 Semester 1 dan 2 Revisi Terbaru 2018 - Rekan guru semua guru jumi akan membahas sedikit terkait dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

 Rekan guru semua guru jumi akan membahas sedikit terkait dengan Rencana Pelaksanaan Pembe Download, Unduh RPP Kurikulum 2013 SD, MI Kelas 4 Semester 1 dan 2 Revisi Terbaru 2018
Download, Unduh RPP Kurikulum 2013 SD, MI Kelas 4 Semester 1 dan 2 Revisi Terbaru 2018

Sebagai Pendahuluan
Baiklah kita mulai dengan pengertian perihal Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ialah planning yang menggambarkan mekanisme dan menajemen pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang telah dijabarkan dalam silabus. RPP ini sanggup dipakai oleh setiap pengajar sebagai pedoman umum untuk melakukan pembelajaran kepada peserta didiknya, sebab di dalamnya berisi petunjuk secara rinci, pertemuan demi pertemuan, mengenai tujuan, ruang lingkup materi pembelajaran yang harus diajarkan / dilaksanakan, kegiatan mencar ilmu mengajar, media, dan penilaian yang harus digunakan. Oleh sebab itu, dengan berpedoman pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP dikala guru pengajar akan sanggup memperlihatkan dengan sistematis, tanpa khawatir keluar dari tujuan, ruang lingkup materi, taktik mencar ilmu mengajar, atau keluar dari sistem penilaian yang seharusnya. Maka dengan danya RPP ini akan membantu si pengajar dalam mengorganisasikan materi standar, serta mengantisipasi peserta didik dan masalah-masalah yang mungkin timbul dalam pembelajaran. Dengan adanya perencanaan yang matang ini akan sanggup bermanfaat bagi guru atau pengajar maupun bagi siswa / peserta didik akan mengetahui secara niscaya tujuan yang akan dicapai dan cara mencapainya.

Sebagai Pembahasan

Pengertian dan Fungsi Rencana Pelajaran dan taktik penyusunan

1. Komponen RPP

Rencana Pelaksanaan Pemnelajaran yang dibentuk guru merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan tindakan apakah yang akan dilakukan dalam pembelajaran, baik oleh pengajar maupun perserta didik untuk mencapai suatu kompetensi yang sudah ditetapkan. Dalam RPP harus terang Kompetensi Dasar (KD) yang akan dicapai oleh peserta didik, apa yang harus dilakukan, apa yang harus dipelajari, dan bagaimana mempelajarinya, serta bagaimana pengajar mengetahui bahwa peserta didik telah menguasai kompetensi tertentu. Maka dengan aspek-aspek tersebutlah yang merupakan unsur utama yang harus ada dalam setiap RPP.
RPP terdiri dari beberapa komponen untuk aktivitas proses kegiatan mencar ilmu dan proses pelaksanaan program. Komponen aktivitas meliputi KD, materi standar, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, dan waktu belajar. Maka dengan itu, Dasarnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan suatu sistem yang terdiri dari komponen-komponen yang saling berafiliasi serta berinteraksi satu denganlainnya, dan memuat langkah-langkah pelaksanaannya untuk mencapai tujuan yaitu membentuk kompentensi yang sudah ditetapkan sebelumnya. Adapun format RPP yang telah dirumuskan dalam banyak sekali kajian di Lembaga Pengembangan Pendidikan Universitas Sebelas Maret (LPP UNS) terlampir dalam panduan ini, dengan komponen RPP menyerupai tersebut di bawah ini.

1. Kompetensi Dasar (KD)
Kompetensi yang dirumuskan dalam RPP harus jelas. Semakin terang maka kompetensi akan semakin gampang diamati, dan akan semakin gampang atau semakin sempurna pula merencanakan kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan untuk mencapai kompetensi tersebut. Ada beberapa materi standar bisa saja akan mempunyai lebih dari satu KD.

2. Materi standar
Standar materi yang dikembangkan dan dijadikan materi kajian peserta didik harus diubahsuaikan dengan kebutuhan dan kemampuannya, mengandung nilai fungsional, praktis, serta diubahsuaikan dengan kondisi dan kebutuhan lingkungan, institusi, dan daerah.

3. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran merupakan tahap-tahap kegiatan yang dilakukan oleh pengajar dan peserta didik untuk menuntaskan suatu materi standar yang telah direncanakan oleh pengajar. Dalam memberikan materi harus meliputi beberapa kegiatan, menyerupai PENDAHULUAN, tahap PENYAJIAN, dan tahap PENUTUP.

4. Metode Pembelajaran
Cata atau metode dalam memberikan materi, diantanranya yaitu (menguraikan, memberi contoh, memberi latihan dan lain-lain) suatu materi kajian kepada peserta didik. Pilihlah metode atai cara yang sesuai untuk dipakai dalam mencapai kompetensi tertentu.
Contoh-contoh metode dalam RPP contohnya ceramah, diskusi, tanya jawab, simulasi, studi kasus, praktikum, seminar, demonstrasi, bermain tugas dan lainlain.

5. Media Pembelajaran
Media pemnelajaran merupakan semua atau segala sesuatu yang sanggup menyalurkan atau memberikan pesan/informasi dari sumber pesan/informasi ke peserta pesan/informasi. Makara dengan adanya media peserta didik sanggup melihat, membaca, mendengarkan atau ketiganya sekaligus dalam menyerap banyak sekali informasi yang disampaikan oleh pengajarnya. Beberapa rujukan dalam media pembelajaran, contohnya alat-alat elektronik, gambar, buku dan sebagainya. Kemudia yang dimaksud dengan alat pembelajaran yaitu benda-benda, perkakas atau alat-alat yang dipakai dalam pembelajaran sehingga memungkinkan terjadinya proses pembelajaran. Alat-alat itu tidak disebut media pembelajaran sebab tidak dimaksudkan untuk membawa pesan.

6. Sumber Belajar
Sekarang perihal sumber belajar. Semua guru yakin sudah mengetahui apa iti sumber belajar. Semua atau segala sesuatu yang sanggup dimanfaatkan untuk penggalian informasi inilah yang dikatakan sumber belajar. Beberapa yang sanggup dijadikan sumber pembelajaran, yakni seorang guru, dosen, akhli (sebagai nara sumber), buku teks, jurnal ilmiah, laporan penelitian, internet, dan lain-lain.
7. Alokasi Waktu
Alokasi waktu harus disusun dengan cermat oleh seorang guru dalam waktu menyusun RPP. Misalnya tahap pendahuluan 5 menit, kegiatan inti / pokok 25 menit, kegiatan epilog 5 menit. Jadi, satu jam pelajaran 35 menit.

2. Cara Penyusunan RPP

Dalam penyusunan RPP pengajar perlu memilih batas lingkup materi sub pokok bahasan mana saja yang akan diajarkan setiap kali pertemuan dengan melihat estimasi waktu dalam silabusnya. Bila suatu sub pokok bahasan dalam silabus membutuhkan waktu lebih dari sekali pertemuan atau beberapa kali pertemuan, maka sub pokok bahasan itu perlu dirinci lagi. Bila hal ini tidak mungkin, sebab akan mengganggu keutuhan materi, maka sanggup dibentuk satu RPP yang dipakai untuk dua kali pertemuan atau lebih. RPP harus disusun secara sistemik dan sistematis, utuh dan menyeluruh, dengan beberapa kemungkinan adaptasi dalam situasi pembelajaran yang aktual. Dengan demikian RPP sanggup berfungsi untuk mengefektifkan proses pembelajaran sesuai dengan apa yang telah direncanakan. RPP hendaknya disusun secara sederhana dan fleksibel, serta sanggup dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran, dan pembentukan kompetensi peserta didik.

Lihat juga :



Berikut ini langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan dalam penyusunan RPP suatu mata kuliah atau blok mata kuliah:

1. Identifikasi Mata Kuliah atau Blok Mata Kuliah
Tuliskan identitas Program studi, nama mata kuliah atau blok mata kuliah, isyarat mata kuliah, bobot SKS, semester (bersumber pada kurikulum yang sudah ada).

2. Perumusan Standar Kompetensi (SK)
Tuliskan rumusan SK dari setiap mata kuliah yang didasarkan pada tujuan simpulan dari mata kuliah tersebut. Tuliskan dengan kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur, yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik (lihat silabusnya).

3. Perumusan Kompetensi Dasar (KD)
Tuliskan rumusan KD yang merupakan pembagian terstruktur mengenai dari SK dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur, yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik (lihat silabusnya). Tuliskan satu KD pada setiap RPP untuk satu kali pertemuan atau lebih.

4. Perumusan Indikator
Tuliskan indikator sebagai pembagian terstruktur mengenai dari KD dengan kata kerja operasional. Kata kerja operasional pada rumusan indikator sanggup dirinci sesuai dengan kegiatan yang dilakukan dan sanggup ditulis secara terpisah antara aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik (lihat silabusnya).

5. Penentuan Tahap Pembelajaran
Urutan tahap pembelajaran terdiri dari komponen Pendahuluan, Penyajian, dan Penutup. Pendahuluan merupakan tahap awal kegiatan yang dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik supaya secara mental siap mempelajari pengetahuan, keterampilan, dan perilaku baru. Pada tahapan ini berisi klarifikasi ringkas materi yang akan dikaji, keterkaitan materi kajian dengan materi sebelumnya atau dengan praktek keseharian (apersepsi), dan kompetensi yang harus dicapai peserta didik.
Tahap penyajian merupakan tahapan utama dalam pembelajaran, di dalamnya berisi uraian, contoh, diskusi atau latihan perihal materi yang dikaji. Sedangkan tahap Penutup merupakan tahapan simpulan suatu pembelajaran. Pada tahap Penutup ini dipakai untuk memperlihatkan penegasan, ringkasan, penilaian maupun tindak lanjut perihal materi yang dikaji tersebut.

6. Penentuan Kegiatan Pembelajaran
Tuliskan banyak sekali kegiatan utama yang harus dilakukan oleh pengajar maupun peserta didik selama proses pembelajaran yang akan dilakukan, yang bisa menggambarkan taktik pembelajaran.

7. Pemilihan Metode Pembelajaran
Tentukan metode pembelajaran yang akan diterapkan untuk memperlihatkan pengalaman mencar ilmu kepada peserta didik selama proses pembelajaran, mulai dari tahap Pendahuluan, Penyajian hingga tahap Penutup. Pemilihan metode pembelajaran hendaknya diubahsuaikan dengan KD yang ingin dicapai, sebab tidak setiap metode pembelajaran sesuai untuk dipakai dalam mencapai tujuan KD tertentu.

8. Pemilihan Media Pembelajaran
Tuliskan media yang akan dipakai dalam melakukan pembelajaran. Media hendaknya dipilih yang sesuai dengan metode pembelajaran yang akan digunakan. Pemilihan media pembelajaran yang sempurna sanggup menimbulkan pembelajaran lebih menarik, sehingga akan mempermudah untuk mencapai
KD yang telah ditetapkan.

9. Penentuan Sumber Belajar
Tuliskan sumber mencar ilmu yang akan dipakai (didasarkan pada relevansi, konsistensi, dan edukuasi). Adapun yang dimaksud sumber mencar ilmu ialah buku-buku rujukan atau referensi berupa buku teks, jurnal, laporan penelitianatau materi didik lainnya. Sumber mencar ilmu juga sanggup berupa manusia, contohnya dosen, peserta didik atau obyek lainnya tempat asal informasi diperoleh, atau sebagai nara sumber.

10. Alokasi Waktu
Tuliskan jumlah waktu yang diperlukan oleh pengajar dan peserta didik untuk menuntaskan setiap langkah pada urutan Tahap Pembelajaran yaitu : Pendahuluan, Penyajian, dan Penutup. Porsi terbesar ialah tahap Penyajian, yaitu antara 80-90 % dari keseluruhan kegiatan pembelajaran. Sedangkan Pendahuluan biasanya hanya membutuhkan 5 %, dan Penutup memerlukan 10-15 % dari keseluruhan waktu yang dipakai untuk pembelajaran.
Silahkan download, unduh contor RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 SD, MI Hasil Revisi Terbaru Tahun 2018
Download RPP K 13 SD, MI Kelas 4 Semester 1
Download RPP K 13 SD, MI Kelas 4 Semester 1

RPP K 13 Kelas 4 SD, MI Kelas 4 Semester 2 - Tema 6
RPP K 13 Kelas 4 SD, MI Kelas 4 Semester 2 - Tema 7
RPP K 13 Kelas 4 SD, MI Kelas 4 Semester 2 - Tema 8
RPP K 13 Kelas 4 SD, MI Kelas 4 Semester 2 - Tema 9

Sebagai Kesimpulan

Jadi, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) intinya merupakan suatu bentuk mekanisme dan administrasi pembelajaran untukmencapai kompetensi dasar yang telah ditetapkan dalam standar isi (standar kurikulum). Dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan RPP merupakan komponen yang penting. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Download, Unduh Rpp Kurikulum 2013 Sd, Mi Kelas 4 Semester 1 Dan 2 Revisi Terbaru 2018"

Posting Komentar