Download Rkjm (Rencana Kerja Jangka Menengah) Sekolah Tahun Pelajaran 2017-2018 Hingga 2020-2021, Rkjm Terbaru

Download RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah) Sekolah Tahun Pelajaran 2017-2018 Sampai 2020-2021, RKJM Terbaru,  - Setelah mendapat pertimbangan dan Persetujuan dari Komite Sekolah. Maka Rencana Keja Jangka Menengah ini mulai diberlakukan pada Tahun Pelajaran 2017-2018 hingga dengan 2020-2021.

 Setelah mendapat pertimbangan dan Persetujuan dari Komite Sekolah Download RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah) Sekolah Tahun Pelajaran 2017-2018 Sampai 2020-2021, RKJM Terbaru
Download RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah) Sekolah Tahun Pelajaran 2017-2018 Sampai 2020-2021
     Puji syukur dipanjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa alasannya atas rahmat-Nya serta atas pemberian segenap komponen sekolah, komite sekolah dan masyarakat, kami Tim Pengembang Sekolah telah menuntaskan penyusunan Rencana Kerja Menengah Sekolah
    RKJM ini yaitu planning kerja yang disusun menurut kekuatan dan kelemahan yang menurut fakta masa lalu, fakta kini, impian yang diinginkan serta tantangan positif yang dihadapai. Melalui RKJM ini sekolah telah melihat alur perjalanan kedepan dalam memwujudkan Visi, Misi dan Tujuan Sekolah. Dimana impian segenap sekolah dalam beberapa tahun ke depan akan memenuhi keinginan pemerintah dan masyarakat Kab.Kota ..... sebagai satu-satunya sekolah yang berhasil mememenuhi kreteria sebagai Sekolah Berstandar Nasional di Kab.Kota ......
    Kami menyadari bahwa RKJM ini masih banyak terdapat kekurangan yang selanjutnya kami sangat mengharapakan kritikan dan saran semoga kami sanggup melaksanakan penilaian secara berkala. Penghargaan yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada semua pihak yang telah ikut andil dalam penyusunan RKJM ini. Hal ini merupakan bantuan dalam rangka memajukan pendidikan di Nama Sekolah ..... mengingat pendidikan merupakan tanggung jawab segenap komponen bangsa.
    Semoga RKJM ini sanggup bermanfaat sesuai impian kita bersama.
                                                                                                        Penuis,

DAFTAR ISI

BAB I
PENDAHULUAN

A.  LATAR BELAKANG

Rencana Kerja Jangka Menengah Sekolah merupakan sebuah proses perencanaan atas semua hal dengan baik dan teliti untuk mencapai tujuan pendidikan dalam jangka waktu 4 tahun. Dengan tujuan ini sekolah sanggup diubahsuaikan dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, sosial budaya masyarakat, potensi sekolah dan kebutuhan penerima didik. RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah) disusun sebagai pedoman kerja pengembangan sekolah, dan sebagai materi teladan untuk mengidentifikasi serta mengajukan sumber daya yang diperlukan.

Dewasa ini kompetisi pendidikan berlangsung sangat ketat dan tajam hampir tiada batas. Sekolah yang tidak bisa bersaing secara fair dan terbuka akan tertinggal terseleksi oleh keadaan. Oleh alasannya itu Nama Sekolah ..... perlu berbagi dan meningkatkan secara terus menerus dengan memperhatikan sumber daya yang dimiliki, baik sumber daya menusia maupun sumber daya yang lainnya. Nama Sekolah ..... mempunyai siswa sebanyak 235 orang, guru sebanyak 10 orang, pemberian dan kepercayaan pemangku kepentingan (stakeholder) yang mendukung, sarana dan prasarana, dan  berada di lingkungan persekolah dengan masyarakat yang religius.

Menghadapi kondisi tersebut Nama Sekolah ..... perlu mempersiapkan diri secara mantap dengan menyusun Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM ) bertujuan untuk tercapainya pelayanan pendidikan yang minimal terhadap siswa dan tercapainya pendidikan nasional secara umum.


B. LANDASAN HUKUM

    Berikut yaitu landasan aturan yang dijadikan teladan dalam penyusunan RKJM Nama Sekolah ..... :
  1. Undang-undang No. 20 tahun 2003; perihal Sistem Pendidikan Nasional;
  2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.19 Tahun 2005 perihal Standar Nasional Pendidikan.
  3. Permendiknas No. 22, 23, dan 24 Tahun 2006 perihal SI dan SKL
  4. Permendiknas No. 41 Tahun 2007 perihal Standar Proses
  5. Permendiknas No. 16 Tahun 2007 perihal Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
  6. Permendiknas No. 13 Tahun 2007 perihal Kualifikasi Kepala Sekolah
  7. Permendiknas No. 28 Tahun 2010 perihal Tugas Guru sebagai Kepala Sekolah
  8. Permendiknas No. 24 Tahun 2007 perihal Standar Sarana dan Prasarana
  9. Permendiknas No. 19 Tahun 2007 perihal Standar Pengelolaan
  10. Permendiknas No. 69 Tahun 2009 perihal Standar Pembiayaan
  11. Permendiknas No. 20 Tahun 20007 perihal Standar Penilaian

C.   MAKSUD DAN TUJUAN
 
    Nama Sekolah ..... RKJM dengan tujuan untuk:
  1. Menjamin semoga perubahan / tujuan sekolah yang telah ditetapkan sanggup dicapai dengan tingkat kepastian yang tinggi dan resiko yang kecil.
  2. Mendukung koordinasi anatar personil sekolah.
  3. Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik antar personil sekolah, antar sekolah dan dinas pendidikan.
  4. Menjamin keterkaitan antara perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.
  5. Mengoptimalkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat.
  6. Menjamin tercapainya penggunaan sumber daya secara efisien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan.
D.        METODE PENYUSUNAN
 
    Penyusunan RKJM ini disusun menurut data yang dikumpulkan yang kemudian dianalisis memakai metode analisis Swot. Analisis Swot dipakai untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan yang ada pada sekolah baik pada masa sekarang dan impian sekolah ke depan menurut tantangan positif yang dihadapi. Sehingga sanggup direkomnedasikan jalan keluar semoga tujuan yang telah ditetapkan dicapai. Data yang dianalisis berasal dari data yang dikumpulkan melalui metode observasi dan  metode tanya jawab. 

Metode observasi dipakai menurut fakta riil dikala ini baik melalui pengamatan eksklusif dan menurut data yang tersimpan pada bank data Nama Sekolah ...... Data tersebut sanggup berupa dokumen pengarsipan dan dokumen elektronik. Sedangkan yang lain yang dipakai dalam mengumpulkan data yaitu metode tanya jawab secara eksklusif terkait dengan fungsi kepala sekolah dalam mensupervisi guru. Metode tanya jawab juga dipakai dikala rapat dengan komite sekolah dan rapat interen guru untuk mengetahui beberapa kelemahan dan kekuatan yang layak untuk mendapat jalan keluar sehingga tantangan positif yang dihadapi sanggup diatasi menuju tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.


E.        KERANGKA PEMIKIRAN
 
Kerangka pemikiran dari Rencana Kerja Menengah Sekolah yaitu mengacu pada tujuan dari pendidikan nasional sesuai dengan suara pasal 3 Undang-undang Sisdiknas Nomor 20 tahun     2003 yaitu “Pendidikan nasional berfungsi berbagi kemampuan dan membentuk tabiat serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi penerima didik semoga menjadi insan yang beriman  dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab” . Kemudian diatur  lebih lanjut ke dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Nomor 19 perihal Standar Nasional Pendidikan  yang memuat 8 Standar Nasional Pendidikan yaitu a. standar isi; b. standar proses; c. standar kompetensi lulusan; d. standar pendidik dan tenaga kependidikan; e. standar sarana dan prasarana; f. standar pengelolaan; g. standar pembiayaan;dan h. standar penilaian pendidikan. 

Berdasarkan tujuan pendidikan nasional yang dijabarkan ke dalam 8 standar pendidikan yang dikaitkan kodisi riil sekolah yang terdiri dari kekuatan dan kelemahan maka dilkukanlah perjuangan minimal untuk mencapai SNP (Standar Nasional Pendidikan) atau bahkan sanggup lebih yang selanjutnya sanggup mengacu kepada sistem manajemen sekolah meliputi kurikulum yang mengadopsi manajemen sekolah dan kurikulum sekolah di negara maju.  Hal tersebut terkait dengan posisi Nama Sekolah ..... yang dipersiapkan untuk menjadi Sekolah Bersatandar Internasional. 

Sudah barang tentu banyak hal yang belum terpenuhi yang merupakan suatu kodisi positif dikala ini yang harus segera dipenuhi untuk mencapai standar minimal yaitu Standar Nasional Pendidikan (SNP). Dimana langkah selanjutnya menuju Standar Internasional. Maka dari itu sekolah wajib melaksanakan perencanaan secara rinci dan terstruktur menurut analisis dari fakta kelemahan dan kekuatan yang ada sehingga sanggup digambarkan kondisi tantangan positif yang selanjutnya dijawab dengan melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan program-program strategis mulai dari dikala ini dan seterusnya untuk mempercepat tercapainya tujuan yang telah ditentukan.


F.        SISTEMATIKA PENULISAN
 
    Rencana Kerja Menengah Sekolah ini disusun dengan sistematis dengan memakai kaedah penulisan standard ilmiah. Hal ini dilakukan karna hal tersebut sesuai dengan karakteristik ilmiah yang tidak sanggup dipisahkan dari rangkaian planning kerja ini. Oleh karna intinya setiap planning selalu berpijak dari suatu tekad untuk memperbaiki suatu keadaan dikala ini yang dianggap belum baik. Keadaan baik yaitu suatu keadaan yang diharapkan. Sehingga perencanaan yang matang perlu dilaksanakan menurut prinsip pemecahan masalah.

    Metode pemecahan duduk kasus yang diawali dengan ditemukannya duduk kasus sebagai akhir terjadinya kesenjangan antara kondisi positif dengan kondisi yang diharapkan. Selanjutnya dilakukan analisis duduk kasus yaitu dengan menemukan beberapa alternatif pemecahan yang mungkin dilaksanakan selanjutnya menentukan satu dari beberapa alternatif tersebut untuk dijadikan solusi dari duduk kasus tersbut untuk dipecahkan. Tindakan selanjutnya yaitu implementasi dari alternatif pemecahan duduk kasus tersebut. Langkah berikutnya yaitu memastikan penerapannya berjalan baik untuk kemudian dievaluasi dalam rangka menentukan langkah berikutnya menurut hasil yang dicapai pada tahapan atau siklus pertama tersebut.

    Tahapan yang didasarkan metode ilmiah hendaknya ditulis dengan kaedah ilmiah pula dengan struktur penulisan yang standar pada penulisan ilmiah sehingga pada Rencana Kerja Menengah ini mengikuti kaedah penulisan ilmiah baik dalam format paragarap, huruf, kertas, margin dan srtuktur penomoran. Sistematika penulisan yang dipakai yaitu memalsukan sistem penomeran Amerika. Menggunakan karakter Tahoma 12, kertas F4 2,2,2, 3. Spasi yang dipakai yaitu 1,5 spasi. 

BAB II
KONDISI UMUM

    Pada tabel berikut akan digambarkan kondisi dikala ini, kondisi yang diharapkan dan besarnya tantangan yang dihadapi untuk melaksanakannya.
Tabel.  1
Tabel Kondisi Nyata, Kondisi Yang Diharapkan dan Tantangan Nyata

 
 
BAB III
RENCANA STRATEGIS


A. VISI
“....................................”.

B. MISI
  1. ...................................................................silahkan isi yang sesuai sesuai
  2. ...................................................................silahkan isi yang sesuai sesuai
  3. ...................................................................silahkan isi yang sesuai sesuai
  4. ...................................................................silahkan isi yang sesuai sesuai
  5. ...................................................................silahkan isi yang sesuai sesuai

C. TUJUAN SEKOLAH
 
Mengacu pada visi dan misi sekolah, serta tujuan umum pendidikan dasar, tujuan sekolah dalam berbagi pendidikan ini yaitu sebagai berikut ini.
  1. ...................................................................silahkan isi yang sesuai sesuai
  2. ...................................................................silahkan isi yang sesuai sesuai
  3. ...................................................................silahkan isi yang sesuai sesuai
  4. ...................................................................silahkan isi yang sesuai sesuai
  5. ...................................................................silahkan isi yang sesuai sesuai
D.        SASARAN SEKOLAH
 
    Dalam rangka memenuhi tujuan pendidikan maka perlu dipilah sasaran yang tepat semoga pencapaian tujuan tercapai efektif. Berikut Sasaran Sekolah :
  1. Memberikan pembinaan secara rutin kepada guru-guru sehingga sanggup melaksanakan  program-program yang telah dirancang serta sanggup melaksanakan pembelajaran dan bimbingan yang efektif, mantap dan sanggup mencapai tujuan yang diharapkan
  2. Menumbuhkan penghayatan terhadapa aliran agama yang dianut serta budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak
  3. Mengadakan suverpisi kepada guru-guru secara rutin dalam bentuk manajemen kelas maupun kegiatan pembelajaran
  4. Memberikan rasa tanggung jawab kepada guru-guru dalam mengatur kelas maupun pengelolaan kelas
  5. Memberikan pembinaan kepada semua warga sekolah untuk selalu disiplin dalam segala hal termasuk tata karma
  6. Mengadakan kerjasama yang serasi dan transparan di dalam pengelolaan sekolah terhadap komite, tokoh masyarakat, warga Negara, dan pemerintah
  7. Mengadakan kerjasama yang baik dengan masyarakat dalam rangka peningkatan mutu pendidikan
E.       IDENTIFIKASI FUNGSI-FUNGSI YANG DIPERLUKAN SETIAP SASARAN
 
    Fungsi-fungsi yang berlaku dalam setiap sasaran yaitu :
  1. Untuk melaksanakan pembinaan terhadap guru secara rutin diharapkan fungsi supervisi kepala sekolah yang dilaksanakan secara konsisten
  2. Untuk memastikan segenap komponen sekolah telah melaksanakan penghayatan terhadap aliran agama maka melalui kegiatan keaagaman berupa jadwal dan upacara agama secara rutin
  3. Untuk memastikan guru melaksanakan pembelajaran dengan memakai adminidtrasi
   
F.        ANALISIS SWOT
 
Berdasarkan besarnya tantangan positif pada tabel di atas maka berikut di kemukakan analisis Swot untuk sanggup menggambarkan kesiapan sekolah dalam menghadapi tantangan positif tersebut.
Tabel.  2
Tabel Analisis Swot

G.   ALTERNATIF LANGKAH PEMECAHAN MASALAH
      Berbgai berapa alternative pemecahan duduk kasus Nama Sekolah ..... adalah   sebagai berikut :

  1. Pengajuan proposal Bansos, DAK, DECON kepada instansi yang terkait sehubungan dengan peningkatan mutu  sarana dan prasarana sekolah
  2. Pengiriman training kepada guru perihal ICT
  3. Mengadakan training Bahasa Inggris kepada seluruh staff dewan guru

H.   MENYUSUN PROGRAM PENINGKATAN MUTU
       1.    Sasaran 1 Peningkatan Nilai UN

  • Untuk meningkatkan nilai UN dilakukan melalui perjuangan melaksanakan bimbingan belajar,
  • Melakukan tryout pada UN,
  • Pemantapan  maple yang di UASBN-kan
      2.    Sasaran 2 Peningkatan prestasi akademik/non akademik
  • Mengadakan pembinaan olimpiade MIPA
  • Mengadakan pembinaan khusus siswa berprestasi
  • Mengadakan pembinaan khusus Mata Pelajaran Bahasa Inggris
  • Mengaktifkan kegiatan ekstrakurikule
 JADWAL KEGIATAN
Tabel 3
Tabel Jadwal Kegiatan



 
 
BAB IV
PENUTUP

A. SIMPULAN

    Delapan standard pendidikan wajib dilaksanakan di sekolah. Untuk efektifnya pelaksanaan delapan standard pendidikan di Nama Sekolah ..... maka diharapkan RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah) Tahun 2017 – 20120. RKJM bertujuan menunjukkan arah pelaksanaan untuk terjaminnya mutu pendidikan di Nama Sekolah ...... Adapun lingkup RKJM terdiri atas :
  1. Maksud dan tujuan
  2. Kerangka penyusunan
  3. Sistematika penulisan
  4. Kondisi umum Nama Sekolah .....
  5. Rencana Strategis
  6. Visi/Misi
  7. Tujuan Sekolah
  8. Sasaran
  9. Identifikasi Fungsi-fungsi yang diperlukan
  10. Analisis Swot
  11. Alternatif pemecahan masalah
  12. Penyusunan jadwal peningkatan mutu
  13. Jadwal kegiatan
  14. Kesimpulan dan saran
B. SARAN
 
    RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah) disusun dalam waktu yang sangat singkat. Sudah niscaya isinya sangat jauh dari harapan. Untuk itu saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan guna sempurnanaya RKJM ini. Untuk pemangku kepentingan, disarankan menunjukkan pelatihan-pelatihan dalam penyusunan RKJM.

Untuk mendapat fiel secara lengkat dan utuh, dan Bapak dan Ibu nya melaksanakan editing. Maka dari itu lebih baik untuk mendownloadnya. Karena yang kami tampilkan di atas hanyalah penggalan-penggalan saja.

Selamat mendownload ria !!!
Demikianlah yang sanggup kami tulis untuk dikala ini. 
Lain kali akan disambung kembali. Suksesnya sekolah Bapak Ibu. Amin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Download Rkjm (Rencana Kerja Jangka Menengah) Sekolah Tahun Pelajaran 2017-2018 Hingga 2020-2021, Rkjm Terbaru"

Posting Komentar