PAKET SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN) BAHASA INDONESIA KELAS VI (6) SD - Apabila ada yang sedang mencari soal latihan ujian untuk kelas VI / 6 SD khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia kami sharekan lengkap dengan pembahasannya.
PAKET SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN UJIAN BAHASA INDONESIA KELAS VI (6) SD |
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1−3!
Bunglon, Binatang yang Bisa Berubah Warna
Bunglon ialah salah satu hewan yang unik. Binatang ini biasanya tinggal di pepohonan. Ia unik alasannya ialah sanggup mengubah warna kulitnya. Kemampuan ini disebut dengan mimikri. Bunglon bisa mengubah warna kulitnya sesuai dengan kondisi di sekitarnya. Kemampuan ini dipakai untuk melindungi diri dari musuh atau pemangsa.
Bunglon mempunyai kulit yang berlapis-lapis. Dalam lapisan teratas, terdapat pigmen warna yang bisa melebar dan mengecil. Ketika pigmen melebar, cahaya matahari akan dipantulkan sehingga bunglon pun berubah warna. Jika pigmen mengerut, bunglon akan menjadi kehitaman.
Lihat :
Download Soal Latihan UAS Kelas 6 SD
Terkadang, bunglon mengubah warnanya tidak sesuai dengan lingkungan sekitar. Hal ini alasannya ialah bunglon juga terkadang mengubah warnanya sesuai kehendak hatinya. Saat marah, kecewa, atau perasaan negatif lainnya, bunglon akan mengubah warnanya menjadi lebih gelap. Sedangkan ketika bangga atau positif, bunglon akan mengubah warnanya menjadi jelas menyerupai kuning dan oranye.
LEVEL KOGNITIF: PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN
Indikator: Peserta didik sanggup menggali informasi tersurat teks.
1. Bagaimana cara bunglon mengubah warna kulitnya?
A. Dengan menyesuaikan warna di tempatnya berada.
B. Dengan melebar atau mengecilkan pigmen di kulitnya.
C. Dengan cara yang disebut mimikri.
D. Dengan memantulkan sinar matahari.
LEVEL KOGNITIF: PENALARAN
Indikator: Peserta didik sanggup memprediksi tragedi menurut isi teks.
2. Apa warna yang kira-kira akan dikeluarkan bunglon ketika ia kalah dari perkelahian?
A. Oranye
B. Merah
C. Kuning
D. Hitam
Indikator: Peserta didik sanggup melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran menurut isi teks.
3. Berikut ini ialah tabel perubahan warna bunglon.
1. Melindungi diri Sesuai lingkungan
2. Perasaan negatif (a) ....
3. Perasaan positif (b) ....
Isian yang sempurna untuk melengkapi tabel tersebut ialah ....
A. (a) warna gelap; (b) warna terang
B. (a) warna terang; (b) warna gelap
C. (a) warna hitam; (b) warna kuning
D. (a) warna hijau; (b) warna cokelat
Indikator: Peserta didik sanggup memilih sinonim.
Kami persilahkan :
UNDUH SOAL LATIHAN DAN KUNCI JAWABAN US MATEMATIKA KELAS 6 SD / MI
4. Pada hari Minggu diadakan kerja bakti. Siswa kelas VI dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama membersihkan kelas, sedangkan kelompok kedua membersihkan halaman.
Persamaan kata bergaris bawah dalam kalimat tersebut ialah ....
A. kumpulan
B. regu
C. gugus
D. tim
LEVEL KOGNITIF: PENALARAN
Indikator: Peserta didik sanggup membandingkan isi teks.
5. Perhatikan dua teks berikut!
Teks 1
Endah selalu saja memaki Hera. Padahal Hera tidak pernah berbuat jelek pada Endah. Entah mengapa Endah begitu membenci Hera. Hera selalu tabah kalau Endah tiba-tiba menjahili atau mengejeknya. Suatu hari, Endah terjatuh ketika pulang sekolah. Hera yang melihat tragedi itu eksklusif menolongnya.
Teks 2
Sofy ialah anak yang sangat baik di kelas. Ia selalu menolong orang lain, terutama yang sedang membutuhkan. Ia tidak pernah membeda-bedakan. Ia berteman dengan siapa saja. Walaupun bukan anak yang paling bakir di kelas, Sofy sangat disukai oleh teman-temannya. Bahkan, guru-guru juga menyukainya.
Persamaan isi kedua teks tersebut ialah ....
A. menolong orang walaupun ia suka mengejek
B. disukai banyak orang alasannya ialah suka menolong
C. berteman dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan
D. menolong siapa saja yang sedang membutuhkan
LEVEL KOGNITIF: APLIKASI
Indikator: Peserta didik sanggup memilih pernyataan sesuai isi teks.
6. Bacalah paragraf berikut!
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta mengadakan sosialisasi ke sekolah. Beliau mengatakan, sekolah harus mengedukasi siswanya biar tidak jajan sembarangan dan menciptakan kantin sehat di sekolah.
Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut yang sempurna ialah ....
A. Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta seharusnya melaksanakan tindakan yang tegas pada yang melanggar.
B. Siswa yang jajan sembarangan seharusnya mendapat eksekusi dari sekolah.
C. Program kebijakan Kepala Dinas
D. Pembuatan kantin sehat di sekolah bekerjsama sangat merepotkan.
LEVEL KOGNITIF: PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN
Indikator: Peserta didik sanggup memilih makna kata.
Unduh :
Soal dan Kunci Jawaban UAS Bahasa Indonesia SD Kelas 6 Semester 17. Cermati paragraf berikut!
Besok pagi ada pelajaran menggambar. Bu Intan menunjukkan kode untuk membawa buku gambar berukuran A3, pensil HB, dan pewarna.
Makna kata bergaris bawah dalam paragraf tersebut ialah ....
A. perintah
B. pelajaran
C. petunjuk
D. peraturan
LEVEL KOGNITIF: APLIKASI
Indikator: Peserta didik sanggup memilih pernyataan sesuai isi teks.
8. Perhatikan teks berikut!
M engolah kerang memerluk an beberapa langkah. Setelah butir mutiara diambil dari dalam kerang, daging yang menempel pada bab dalam cangkang dibuang, kemudian kerang dicuci, dan dikeringkan. Perajin juga ikut menciptakan contoh model hiasan yang diinginkan. Pola ini berfungsi sebagai cetakan untuk menggambar denah pada cangkang kerang.
Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas ialah ....
A. Mengolah kerang hanya membutuhkan dua langkah saja.
B. Daging dalam cangkang tidak perlu dibuang untuk menghasilkan kerajinan.
C. Pembeli bisa ikut memilih contoh model hiasan yang diinginkan.
D. Untuk menggambar denah pada cangkang diharapkan contoh sebagai cetakan.
Silahkan Download di bawah ini.
Demikianlah info wacana soal USBN Bahasa Indonesia dan Pembahasan Kelas 6 Sekolah Dasar.
Semoga bermanfaat.
0 Response to "Paket Soal Latihan Dan Pembahasan Ujian Bahasa Indonesia Kelas Vi (6) Sd"
Posting Komentar